Hari Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda ialah ikrar yang diucapkan pemuda-pemudi Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 yang menggambarkan semangat para pemuda untuk mewujudkan cita-cita terbentuknya suatu negara Indonesia dengan bangsa dan bahasanya. Ikrar ini merupakan keputusan Kongres Pemuda II yang diselenggarakan di Batavia (Jakarta). Sumpah Pemuda telah menjadi spirit yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Teks Sumpah Pemuda yang ditulis oleh Moehammad Yamin merupakan salah satu keputusan penting pada kongres Pemuda II, yaitu :

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia;
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia;
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Melalui peringatan tersebut dapat diambil makna, bahwa Sumpah Pemuda sebagai semangat dan dorongan untuk berjuang dan pantang menyerah, selalu menjaga persatuan dan kesatuan serta solidaritas serta selalu berfikir kritis dalam menghadapi masalah.

Marilah bersama-sama menjadikan hari ini sebagai awal yang baik untuk mewujudkan cita-cita negara sebagai negara yang merdeka dengan bangsa yang cinta tanah air dan segala suku bangsa serta bahasanya.

DENGAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA

KITA BANGUN JIWA PEMUDA YANG PATRIOT DAN SOLUTIF

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*